Warga Sekolah Galang Dana Kemanusiaan Untuk Rohingya

Citanduy Post - Sebagian bentuk solidaritas dan kepedulian, sejumlah warga sekolah di Kota Banjar menggalang dana kemanusiaan untuk tragedi kemanusiaan yang menimpa warga muslim etnis Rohingya di negara bagian Rakhine, Myanmar. Penggalangan dana dilakukan melalui acara doa bersama segenap warga sekolah mulai dari para guru, siswa-siswi, hingga staf pegawai sekolah.


Warga sekolah SMAN 1 Banjar berkumpul bersama di lapangan sekolah, Jumat (15/9). Guru, siswa dan staf pegawai duduk bersama sambil mendengar lantunan doa yang dibawakan oleh salah satu siswa SMAN 1 Banjar.

Kegiatan tersebut juga diselingi dengan orasi kemanusiaan yang mengingatkan beratnya tragedi kemanusiaan yang harus dialami warga muslim etnis Rohingya di Myanmar. Usai orasi dan doa bersama, warga SMAN 1 Banjar melanjutkan kegiatan dengan penggalangan dana.

Sebelumnya, dilansir dalam Sky News, pada Rabu (13/9), Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan bahwa kekerasan Myanmar atas etnis Rohingya lebih tepat digambarkan sebagai tindakan “pembersihan etnis”. Gambaran ini menyusul keresahannya menyaksikan gelombang kekerasan yang hingga kini masih berlangsung terhadap warga Rohingya, sehingga memaksa ribuan warga Rohingya berduyun-duyun mengungsi menuju Bangladesh.


Salah seorang siswa yang hadir, Irsyad (15), mengaku terkesan dengan acara penggalangan dana tersebut. Ia merasa ikut terpanggil untuk membantu saudara muslimnya, meski keberadaan mereka jauh di Myanmar dan Bangladesh.

“Setelah kegiatan tadi, saya merasa tak bisa tutup mata lagi dengan kondisi di luar sana yang mungkin nasibnya tak seberuntung kita yang berada di Indonesia,” tutur Irsyad.

Sementara itu, di SD Al Ilham juga dilangsungkan kegiatan serupa. Warga sekolah berkumpul di depan masjid sambil mendengarkan tausiah dan lantunan doa bagi muslim Rohingya, Jumat (15/9). Bersamaan dengan kegiatan tersebut, penggalangan dana juga dilakukan. Hingga berita ini diturunkan, dana kemanusiaan dari SD Al Ilham telah terkumpul sebesar Rp. 5.933.200,-.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Warga Sekolah Galang Dana Kemanusiaan Untuk Rohingya"