Geliat Komunitas Hidroponik di Kota Banjar

Citanduy Post - Metode bercocok tanam tanpa media tanah atau lebih dikenal sebagai Hidroponik mulai diminati oleh warga Kota Banjar. Salah satunya oleh Komunitas Belajar Hidroponik (KoBeNik) Banjar yang menggelar Pelatihan Dasar Hidroponik untuk pemula di Ruang Komunitas Toserba Pajajaran, Sabtu (18/11/2017).

Iyan, pegiat Hidroponik, tengah memberikan materi
Pelatihan Hidroponik Dasar yang digagas KoBeNik di Banjar, Sabtu (18/11/2017).
Dalam pelatihan sederhana tersebut, tampil sebagai pemateri yaitu Bapak Iyan (35 tahun) warga Muktisari, Kec. Langensari, Kota Banjar. Iyan telah menggeluti praktik bercocok tanam dengan metode Hidroponik sejak 2014. Sejak itu pula, ia mulai membangun kebun atau Green House Hidroponik di bagian belakang rumahnya.

Peserta yang berkesempatan hadir dalam pelatihan dasar Hidroponik tersebut sebanyak 15 orang yang berasal dari berbagai kecamatan se-Kota Banjar.

Sementara itu ditemui usai acara, Penggagas KoBeNik Banjar Yuyun Sunaryati (50 tahun) berharap agar model Pelatihan Hidroponik Dasar ini dapat memotivasi warga Kota Banjar untuk mulai belajar Hidroponik.

"Tindak lanjut dari kegiatan ini sementara berupa pembelajaran dalam komunitas. Pembelajaran juga dilanjutkan dengan praktik di rumah masing-masing dengan pantauan dari kami," terang Yuyun.

Hidroponik sangat cocok untuk pertanian kota (Urban Farming), bahkan sayuran-sayuran dataran tinggi bisa tumbuh di dataran rendah seperti di Kota Banjar dengan menggunakan sistem Hidroponik. Metode ini diyakini sangat sesuai dengan citra Kota Banjar sebagai kota agropolitan.

"Melalui pelatihan ini semoga pegiat Hidroponik semakin menjamur di Kota Banjar," harap Ismail (28 tahun) peserta pelatihan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Geliat Komunitas Hidroponik di Kota Banjar"