Hari Ini, KPU Kota Depok Tunggu Penetapan Parpol Lolos Penelitian Administrasi

Citanduy Post - KPU Kota Depok menunggu penetapan hasil penelitian administrasi partai politik calon peserta Pemilu 2019 yang akan diputuskan hari ini oleh KPU RI. Dengan penetapan tersebut, selanjutnya tahapan Pemilu 2019 akan memasuki tahap verifikasi faktual parpol yang dimulai tanggal 15 Desember 2017 hingga 4 Januari 2018.

Jelang penetapan parpol lolos penelitian administrasi calon peserta Pemilu 2019, KPU Kota Depok gelar Bimtek
Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Peserta Pemilu 2019 Tingkat Kota, di Depok, Kamis (14/12/2017)

Demikian diungkapkan oleh Ketua KPU Kota Depok Titik Nurhayati saat memberikan sambutan dalam kegiatan Bimbingan Teknis Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Calon Peserta Pemilihan Umum Tahun 2019 Tingkat Kota di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Kamis (14/12/2017).

"Kita juga tengah menunggu arahan dari KPU RI atas judicial review UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu pasal 173 terkait verifikasi faktual partai politik," kata Titik.

Sebagaimana diketahui, publik tengah menanti putusan MK atas JR pasal verifikasi partai politik. Bila permohonan JR dikabulkan, maka terhadap parpol peserta Pemilu 2014 pun akan dilakukan verifikasi faktual.

Akan tetapi, sejauh ini KPU Kota Depok memastikan hanya terhadap enam parpol baru di Kota Depok yang akan dilakukan verifikasi faktual.

Titik juga memastikan bahwa KPU Kota Depok telah menyiapkan tim verfikator faktual, di mana tiga orang merupakan verifikator independen, sedangkan tujuh orang lainnya verifikator internal.

Sementara itu, di tempat yang sama, Ketua Panwaslu Kota Depok Dede Slamet Permana mengundang publik untuk melaporkan kepada Panwaslu bila terjadi dugaan pelanggaran dalam tahapan verifikasi faktual.

"Pihak-pihak yang dapat menyampaikan laporan antara lain warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih di wilayah setempat, para pemantau pemilihan, dan peserta Pemilu atau parpol," kata Dede.

Dede juga menambahkan ada batas waktu pelaporan selama tujuh hari dari kejadian untuk publik melaporkan dugaan pelanggaran. Sebagai catatan, saksi atas dugaan pelanggaran minimal berjumlah dua orang. Adapun alat bukti yang wajib dihadirkan minimal dua, dengan salah satunya dapat berupa keterangan saksi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hari Ini, KPU Kota Depok Tunggu Penetapan Parpol Lolos Penelitian Administrasi"