Survei: Capres Alternatif Bermunculan, Jokowi Tetap Teratas

Citanduy Post - Rilis survei terbaru dari lembaga Indo Barometer mengungkap bahwa Joko Widodo tetap unggul mutlak di antara banyaknya calon presiden alternatif di jagat politik saat ini. Tingkat kepercayaan dan keterpilihan yang tinggi atas Jokowi di mata publik menempatkan Presiden RI masa bakti 2014 - 2019 itu semakin dekat dengan harapan memimpin Indonesia pada periode kedua..


Sebagaimana dilaporkan Antara, Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari saat rilis hasil survei nasional 'Siapa Penantang Potensial Jokowi di 2019' di Jakarta, Minggu (03/11/2017), mengatakan dalam survei yang digelar sejak 15-23 November terhadap 1200 responden acak di seluruh provinsi se-Indonesia Jokowi tetap teratas.

Dalam pertanyaan terbuka, Jokowi mengungguli semua nama kandidat capres alternative dengan keunggulan 34,9 persen, disusul oleh Prabowo Subianto 12,1 persen, Anies Baswedan 3,6 persen, Basuki T Purnama 3,3 persen, Gatot Nurmantyo 3,2 persen, Ridwan Kamil 2,8 persen, dan Agus H Yudhoyono 2,5 persen.

Sementara itu, ketika disimulasikan dalam enam nama capres, Jokowi unggul 44,9 persen, Prabowo Subianto 13,8 persen, Anies Baswedan 6 persen, Agus H Yudhoyono 3,5 persen, Gatot Nurmantyo 3,2 persen, dan Jusuf Kalla 1 persen, sedangkan sisanya tidak memilih.

Anies Hampir Salip Prabowo

Survei ini juga mencoba mengukur kekuatan kandidat para capres alternatif ketika head to head melawan Jokowi. Terdapat empat nama yang dimunculkan dalam survei ini, antara lain Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Gatot Nurmantyo, dan Agus H Yudhoyono. Dari simulasi melawan empat nama tersebut, Jokowi tetap unggul atas semua capres alternatif dengan keunggulan masing-masing di atas 45 persen.
Berhadap-hadapan dengan Jokowi, Prabowo Subianto hanya merebut simpati 20,8 persen. Sedangkan responden yang menjawab rahasia, belum memutuskan, tidak akan memilih, tidak tahu dan tidak jawab 28,3 persen. Jokowi unggul telak dengan 50,9 persen.

Elektabilitas Anies Baswedan hampir mendekati Prabowo Subianto saat Anies head to head melawan Jokowi, dengan tingkat keterpilihan 20,5 persen. Jokowi sendiri merebut 47 persen. Sedangkan responden yang menjawab rahasia, belum memutuskan, tidak akan memilih, tidak tahu dan tidak jawab 32,6 persen.

Dengan dua nama lainnya, Joko Widodo 46,9 persen versus Gatot Nurmantyo 18,8 persen. Adapun responden yang menjawab rahasia, belum memutuskan, tidak akan memilih, tidak tahu dan tidak jawab 34,4 persen. Sementara, Joko Widodo versus Agus Harimurti Yudhoyono diungguli Jokowi dengan 50,3 persen. AHY hanya mampu mencapai angka 17,3 persen. Sedangkan responden yang menjawab rahasia, belum memutuskan, tidak akan memilih, tidak tahu dan tidak jawab 32,4 persen.

Survei juga menemukan 61,8 persen responden menginginkan Joko Widodo kembali menjadi presiden untuk periode 2019 – 2024. Adapun yang tidak menginginkan kembali 23,6 persen dan tidak tahu/tidak jawab 14,7 persen.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Survei: Capres Alternatif Bermunculan, Jokowi Tetap Teratas"