14 Parpol Sah Jadi Peserta Pemilu 2019!

Citanduy Post - Hotel Grand Mercure Harmoni Jakarta, Sabtu (17/2), menjadi saksi ditetapkannya 14 Partai Politik sebagai peserta Pemilihan Umum 2019. Sementara itu, dua Parpol non parlemen peserta Pemilu 2014 dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat oleh KPU RI.


Dua Parpol tersebut ialah Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Persatuan dan Keadilan Indonesia (PKPI). Menurut KPU RI, keduanya tidak memenuhi syarat pada kepengurusan di sejumlah provinsi. PBB tidak memenuhi syarat di provinsi Papua Barat, sedangkan PKPI di provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Seusai pembacaan Rekapitulasi Nasional Hasil Verifikasi dan Penetapan Parpol peserta Pemilu 2019, PBB menyatakan menerima keputusan itu dengan berat hati. Namun, PBB meminta kondisi partai di daerah yang sulit terjangkau juga untuk lebih diperhatikan oleh KPU.

“Memang di Papua Barat ini, khususnya di Manokwari Selatan, karena ini daerah gunung dan bukan muslim, kami kehilangan komunikasi. Tetapi, kami hadirkan tanggal 9. Tapi keputusan KPU saklek, tidak bisa diganggu gugat,” kata Sekjen PBB Afriansyah, sebagaimana laporan rumahpemilu.org, Sabtu (17/2).

Sementara itu, PKPI menyatakan menolak hasil rekapitulasi tersebut dan siap menggugatnya ke Bawaslu RI.

14 Parpol yang hari ini ditetapkan oleh KPU sebagai peserta Pemilu 2019 terdiri dari 10 Parpol parlemen dan empat sisanya merupakan partai politik yang baru pertama kali mengikuti pemilu. Keempat belas partai politik peserta Pemilu 2019 tersebut antara lain:

  1. Partai Amanat Nasional (PAN)
  2. Partai Berkarya
  3. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
  4. Partai Demokrat
  5. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
  6. Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda)
  7. Partai Golongan Karya (Golkar)
  8. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
  9. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
  10. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
  11. Partai Nasional Demokrat (NasDem)
  12. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)
  13. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
  14. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

Selanjutnya, nomor urut partai politik peserta Pemilu 2019 sesuai jadwal akan diberikan pada 18 Februari 2018.

Partai Berkarya, Partai Garuda, Perindo, dan PSI merupakan empat partai politik yang pertama kali mengikuti pesta demokrasi pada Pemilu 2019 mendatang.[]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "14 Parpol Sah Jadi Peserta Pemilu 2019!"