15 Parpol Kota Depok Memenuhi Syarat

Citanduy Post - Melalui rapat pleno terbuka, KPU Kota Depok akhirnya menetapkan bahwa lima belas partai politik dinyatakan telah memenuhi syarat sebagai calon peserta Pemilu tahun 2019. Di antara lima belas parpol tersebut terdiri dari sebelas parpol lama peserta Pemilu tahun 2014 dan empat partai baru. Sementara terhadap Partai Bulan Bintang yang merupakan peserta Pemilu tahun 2014 tidak dilakukan penelitian administrasi dan verifikasi faktual karena tidak menyerahkan berkas kepada KPU Kota Depok.
Komisioner KPU Kota Depok memimpin pembacaan Berita Acara Rekapitulasi Hasil Penelitian Administrasi dan Verifikasi Faktual Partai Politik Calon Peserta Pemilihan Umum tahun 2019 Tingkat Kota Depok di Hotel Bumi Wiyata, Depok (8/2).

“Ini baru hasil tingkat Kota Depok. Hasil ini akan kami serahkan kepada KPU Provinsi Jawa Barat, selanjutnya akan diteruskan kepada KPU RI untuk diumumkan hasil akhirnya,” terang Ketua KPU Kota Depok Titik Nurhayati kepada awak media selepas memimpin Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penelitian Administrasi dan Verifikasi Faktual Calon Peserta Pemilu Tahun 2019 Tingkat Kota Depok yang diadakan di Hotel Bumi Wiyata, Depok (8/2).

Titik menjelaskan bahwa rangkaian proses rekapitulasi ini telah dimulai sejak Oktober tahun lalu. Dalam prosesnya, sejumlah perubahan sempat terjadi, berkat putusan Bawaslu dan Mahkamah Konstitusi.

Misalnya, Peraturan KPU Nomor 11 tahun 2017 sesuai putusan MK dirubah menjadi PKPU Nomor 6 tahun 2018, di mana MK mewajibkan seluruh parpol untuk mengikuti proses verifikasi faktual. Dalam perubahan aturannya, mengingat keterbatasan waktu, KPU pun hanya mensyaratkan pengambilan sampel sebesar lima persen dari total anggota parpol yang dilaporkan dalam SIPOL.

Sementara itu, dalam sambutannya Elias Tata Ginting dari Panwaslu Kota Depok memberi apresiasi setinggi-tingginya atas kinerja KPU dalam penelitian administrasi dan verifikasi faktual parpol.

Di tempat yang sama, Kepala Kesbangpol Pemerintah Kota Depok Dadang Wihana menyatakan bahwa pemkot mengharapkan agar pengalaman KPU Kota Depok dalam menyelenggarakan Pilkada Kota Depok tahun 2015 dengan damai dapat dilanjutkan dalam Pilgub Jawa Barat 2018 maupun Pemilu 2019 yang akan datang.

“Semoga dengan hadirnya parpol-parpol baru dapat menambah harmoni dalam kehidupan politik di Kota Depok,” harap Dadang.

Dadang juga mengingatkan bahwa selama tiga tahun ke depan akan menjadi tahun-tahun politik bagi Kota Depok. Pasalnya, secara berturut-turut akan digelar Pilgub Jawa Barat tahun ini, Pemilu Legislatif dan Pilpres tahun 2019, dan Pilkada Kota Depok pada 2020.

KPU melakukan verifikasi faktual terhadap sejumlah hal penting yang disandingkan dengan data yang diinput oleh tiap parpol dalam SIPOL KPU. Hal-hal yang diuji antara lain kepengurusan parpol yaitu kesesuaian nama-nama ketua, sekretaris dan bendahara parpol, keterwakilan perempuan minimal tiga puluh persen dalam kepengurusan, domisil kantor tetap, dan pemenuhan keanggotaan.

Dengan hasil ini, parpol baru tingkat Kota Depok yang dinyatakan memenuhi syarat antara lain Partai Solidaritas Indonesia atau PSI, Partai Berkarya, Partai Persatuan Indonesia atau Perindo, dan Partai Gerakan Perubahan Indonesia atau Garuda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15 Parpol Kota Depok Memenuhi Syarat"